Minggu, 28 Oktober 2012

artificial Intelligence


A.    Artificial Intelligence (AI)
1.      Sejarah Artificial Intelligence (kecerdasan buatan)
Bermula pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf(1).
Pada tahun 9156, diselengarakan meeting di Dartmouth College, yang dihadiri oleh Marvin Minsky dan john McCarthy dari Dartmouth, Nathaniel Rochester dari IBM, dan Claude Shannon dari Bell Laboratories. Pada meeting ini, mereka berhasil menemukan istilah artificial intelligence, dan mereka menamakan program computer AI yang pertama dengan nama Logic Theorist(2). Logic theorist adalah produk hasil kerja yang beberapa tahun sebelumnya telah diterapkan di Carnegie Institute of technology (sekarang namanya Carnegie Mellon University) yang dibuat oleh herbet Simon dan Alan Newell(2).
Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian. Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri. (3).
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS(1).
2.      Pengertian AI
Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika(1).
Artificial Intelligence sendiri merupakan cabang dari sains yang berhubungan dengan mesin yang bertugas seperti manusia, yang mencari solusi bagi masalah yang kompleks. Tentunya dalam menyelesaikan masalah-masalah kompleks, teknologi AI secara umum meminjam banyak karakteristik dari intelejensi manusia, dan mengaplikasikan karakteristik intelejensi ini sebagai algoritma dalam komputer(4).
Menurut A. Simon Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas(5).
Rich and Knight Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Sedangkan menurut Encyclopedia Britannica Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan(5).
Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan Komputer yang dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia, suatu aplikasi yang dinamakan(6)

3.      Kelemahan dan kelebihan AI(12)
a.       Klaim AI lemah
·         Mesin bisa dibuat untuk bertindak seolah-olah ia cerdas
·         Prinsip nilai dari komputer didalam studi pikiran adalah bahwa ia memberi perlengkapan yang sangat ampuh.
Contoh, ia memampukan kita untuk merumuskan dan menguji hipotesa dalam cara yang lebih tepat
b.      Klaim AI kuat
·         Mesin yang bertindak cerdas memiliki kesadaran pikiran dan nyata

4.      Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast(7):
1.      Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2.      Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3.      Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)


B.     Artificial Intellegence dan Human Intelegensi (intelligence Manusia)
Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu(10). Cognition: aktivitas mental penerimaan, penyimpanan transformasi dan pemanfaatan pengetahuan(11).
Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. Bidang ilmu yang mempelajari kognisi beragam, di antaranya adalah psikologifilsafat, komunikasineurosains, serta kecerdasan buatan (10).
Artificial Intelligence sendiri merupakan cabang dari sains yang berhubungan dengan mesin yang bertugas seperti manusia, yang mencari solusi bagi masalah yang kompleks. Tentunya dalam menyelesaikan masalah-masalah kompleks, teknologi AI secara umum meminjam banyak karakteristik dari intelejensi manusia, dan mengaplikasikan karakteristik intelejensi ini sebagai algoritma dalam komputer(4).


AI sebagai Mesin Berpikir
Orang – orang yang fanatik terhadap AI, yang percaya bahwa tidak hanya mesin yang mesin mampu meniru kognisi manusia secara persis, tetapi juga bahwa proses intelektual tingkat tinggi hanya mampu ditampilkan oleh sebuah mesin.  Disisi lain terdapat orang – orang yang menganggap AI sebagai konsep intelektual yang korup dan meyakini bahwa orang yakin terhadap keberadaan mesin berpikir adalah pemuja yang materialistis. Pikiran manusia adalah murni proses manusia, yang bahkan disentesis oleh mesin secara terpisah, tidak akan mampu diduplikasi oleh program – program AI(9).
1.      Tes Turing
Turing ( 1950 ) menyusun sebuah tes yang melibatkan komunikasi antar manusia yang melontarkan pertanyaan dengan makhluk  pengguna bahasa(9).
1)      TURING TEST – Metode Pengujian Kecerdasan
a.       Turing Test merupakan sebuah metode pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing.
b.      Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia dan satunya adalahsebuah mesin yang akan diuji.
c.       Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yg ditanyai
d.      Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban komputer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut.
e.       Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS.

2)      Ruang Cina
Untuk mengilustrasikan pandangan tentang AI kuat yang mulai tidak bisa dipertahankan, yaitu dengan menempatkan orang dalam ruangan yang dibatasi oleh tulisan tulisan cina.
2.      Persepsi dan AI

1)      Analisis Garis
Cara dimana komputer bisa diajarkan untuk mengenali bentuk geometris adalah melalui analisis fitur lokal sebuah objek yang menggunakan fakta bahwa bentuk geometris rumit telah diterjemahkan dalam bentuk yang lebih sederhana. Program ini menggunakan beberapa pola kecil yang secara sistematis dicocokkan ke setiap objek dalam pencarian pasangan objeknya(9).

2)      Pola Pengenalan
Yaitu pengenalan terhadap obyek-obyek, aktifitas maupun kejadian tertentu. Termasuk dalam pengenalan pola adalah klasifikasi, clustering, dan prediksi(8).
Sistem pengenalan sebuah pola memiliki sebagian besar bagian yang berhubungan dengan materi visual. Format umum dari perangkat keras yang mampu menghasilkan persepsi pada sistem ini berupa raster atau matriks dari sel sel fotoelektrik ( yang merespon kekuatan cahaya ). Sel sel fotoelektrik biasanya hanya memiliki dua bentuk, yaitu hidup atau mati ( putih atau hitam)(9).

3)      Pengenalan atas Objek yang Kompleks
Persepsi atas pola manusia cenderung membentuk fitur yang disimpan yang telah digabung menjadi prototipe sehingga pola yang baru/tidak dikenal membutuhkan stimuli yang lebih lama karena hanya ada sedikit pasangan di antara pola & ingatan(9).

3.      Bahasa dan AI
Bahasa, lebih dari kategori apapun dalam variabel respon manusia, mampu merefleksikan pikiran, persepsi, ingatan, pemecahan masalah, kecerdasan dan pembelajaran.
1)      Eliza, Parry, dan NETtalk(9)
a.       ELIZA salah satu program komputer pertama yang mampu berkomunikasi, ELIZA, ditulis oleh Joseph Weizenbaum (1966).
b.      PARRY Colby, Hilf, Webber dan Kraemer (1972)mensimulasikan seorang pasien, dan menyebut program ini PARRY, karena ia mesimulasikan seorang pasian paranoid. Mereka memilih seorang paranoid sebagai subyek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoia memanga ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi  komputer dan respon manusia.
c.       NETtalk progam ini jenisnya cukup berbeda, berdasarkan pada jaring jaring neuron, sehinnga dinamakan NETtalk. Program ini dikembangkan oleh Sejnowki disekolah medis harvard  dan Rosenberg di universitas Princeton. Dalam program ini, NETtalk  membaca tulisan dan mengucapkannya keras – keras.
Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alamiah(7)
a.       Keuntungan Kecerdasan Buatan dibanding kecerdasan alamiah:
·         lebih permanen
·          memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran
·         relatif lebih murah dari kecerdasan alamiah
·         Konsisten dan teliti
·         Dapat didokumentasi
·          Dapat mengerjakan beberapa task dengan lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia
b.      Keuntungan Kecerdasan Alamiah dibanding kecerdasan buatan
·         Bersifat lebih kreatif
·         Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan representasirepresentasi
·          Fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan sebaliknya AI menggunakan fokus yang sempit.
·         Komputer dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegiatan (events), proses dan dapat memproses sejumlah besar informasi dengan lebih efisien dari yang dapat dikerjakan manusia, tetapi disisi lain manusia –dengan menggunakan insting- dapat melakukan hal yang sulit untuk diprogram pada komputer, yaitu: manusia dapat mengenali (recognize) hubungan antara hal-hal tersebut, menilai kualitas dan menemukan pola yang menjelaskan hubungan tersebut.

C.     Artificial Intelligence dengan sistem Pakar (Expert System)
Subset pokok dari AI adalah expert system. Expert system adalah program computer yang berfungsi dengan cara yang sama seperti ahli manusia, yaitu member advis pemakai mengenai cara pemecahan masalah(2).
 Sistem yang bekerja seperti seorang ahli disebut dengan sistem pakar. Kemampuan, keahlian dan pengetahuan tiap orang berbeda-beda. Komputer dapat diprogram untuk berbuat seperti orang yang ahli dalam bidang tertentu. Komputer yang demikian dapat dijadikan seperti konsultan atau tenaga ahli di bidang tertentu yang dapat menjawab pertanyaan dan memberikan nasehat-nasehat yang dibutuhkan. Sistem demikian disebut Expert System (Sistem Pakar)(9).
sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya(14).
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut(13).
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Menurut Marimin (1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan(16). Sistem pakar (expert systems) adalah sistem yang menyediakan layanan  seperti layaknya seorang konsultan manajemen(15)
Salah satu expert system yang pertama adalah(9):
c.       MACSYMA, yang digunakan untuk tugas-tugas matematika.
d.      MYCIN, untuk mendiagnosa penyakit infeksi pada darah.
e.       CADUCEUS, untuk mendeteksi penyakit.
f.       PUFF, untuk mengukur fungsi dari paru-paru.
g.      PROSPECTOR, digunakan perusahaan DEC untuk menggamarkan konfigurasi dari sistem komputer bagi para langganannya.
h.      DENDRAL, untuk mengidentifikasikan struktur molekul suatu komposisi kimia dan lain sebagainya.
Daya Tarik Expert System
Konsep expert system didasarkan pada asumsi bahwa pengetahuan ahli dapat disalin ke dalam penyimpanan computer dan dapat digunakan ole yang lain yang ingin menerapkan pengetahuan tersebut. Pengetahuan expert memungkinkan expert system untuk dapat melakukan pemecahan masalah dalam porsi yang lebih besar dari pada yang dapan dilakukan oleh aplikasi computer lain. Empat bagian atau komponen utamanya yaitu :
1.      User interface memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan expert system.
2.      Knowledge base menyimpan pengetahuan gabungan yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3.      Inference engine memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasi isi dari knowledge base.
4.      Development engine digunakn oleh expert dan analis untuk menciptakan expert sistem.
Persamaan dan Perbedaan antar System Pakar dengan Kecerdasan Buatan(7)
Persamaannya adalah sama-sama mempunyai tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu penyelesaian masalah.
perbedaannya: Kalau system pakar mengacu kapada si perancang itu sendiri sebagai object dalam menyiapkan suatu system guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan Kecerdasan buatan mengacu kepada jalur atau langkah yang sebagian besar berorientasi kepada Hardware guna mencapai hasil yang maksimal.
Manfaat kecerdasan buatan yang diimplementasikan dalam pengembangan sistem pakar adalah(7) :
  1. Memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang.
  2. Masyarakat awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa kehadiran langsung seorang pakar.
  3. Meningkatkan produktivitas kerja, yaitu bertambah efisiensi pekerjaan tertentu serta hasil solusi kerja.
  4. Penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.
  5. Memungkinkan penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.
  6. Pengetahuan dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu.
  7. Demikianlah ulasan tentang pengertian dan manfaat kecerdasan buatan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Sumber :
2.      Margianti, E, S,. Suryadi, D.(1996). sistem informasi manajemen. Depok. Gunadarma
3.      http://kecerdasan-buatan.blogspot.com/2011/10/konsep-kecerdasan-buatan.html?m=1KONSEP KECERDASAN BUATAN
4.      http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/media-convergence/12-response-paper-ptk-2012/385-artifical-intelligence-sudah-siapkah-anda
7.      http://sosial-ranggapratama.blogspot.com/2010/11/kecerdasa-buatan-dengan-sistem-pakar.html
8.      http://taufiq.staff.uii.ac.id/2010/01/30/dari-kecerdasan-buatan-ke-kecerdasan-manusia/
9.      http://psikology09b.blogspot.com/2011/06/kecerdasan-buatan.html
13.  http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar
14.  http://muhtarul12.blogspot.com/2010/02/sistem-pakar-dan-kecerdasan-buatan.html



1 komentar:

  1. Untuk Anda para Pecinta Judi Online, segera bergabung bersama kami S128Cash Bandar Betting Online Indonesia Terpopuler 2019.
    Situs ini sendiri juga sudah berdiri sudah cukup lama dan menyediakan semua permainan yang diminati para bettor Indonesia, seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - IDN Poker
    - Slot Games Online
    - Tembak Ikan Online
    - Klik4D

    S128Cash juga hadir dengan memberikan berbagai macam BONUS, yaitu :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Kami tunggu kedatangan Anda ya..
    Hubungi kami :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Cara Daftar Judi Bola

    BalasHapus