Rabu, 27 Oktober 2010

gotong royong


Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. GOTONG ROYONG Adalah bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan secara bersama-sama menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Atau suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing.
Di era modern ini gotong  royong sudah  mulai ditinggalkan terutama di daerah perkotaan sudah jarang lagi orang – orang bergotong royong untuk membersihkan lingkungan atau membuat jalan di lingkungan sekitar. Sedangkan di daerah pedesaan gotong royong masih sering dilakukan  karena dengan gotong  royong  rasa kebersamaan, kesatuan, dan rasa saling menolong akan terjalin lebih erat.

Untuk itu marilah kita lestarikan gotong royong yang merupakan kebudayaan asli indonesia yang mencerminkan adanya kesatuan dan kebersamaan. Selain itu gotong royong bisa menumbuhkan kesadaran dan tanggu jawab terhadap kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar